Tuesday, February 26, 2013

Hati yang Khusyu'


Akhir-akhir ini sering saya temui orang yang kehilangan ketenangan fikirannya. Mereka kehilangan fokus karena terlalu fokus kepada perkara yang ditakuti dan dikhawatiri kehadirannya.

Ketenangan fikiran merupakan suatu hal yang perlu diusahakan kehadirannya. Tanpa ada ketenangan fikiran, masalah-masalah remeh pun menjadi terasa raksasa yang menghimpit dada bahkan menghajar kepala.

Selain ketenangan fikiran, ada satu hal penting yang patut diingat yaitu kekhusyu’an hati. Kekhusyu’an hati ini penting untuk diperhatikan karena ia menjadi kunci dari datangnya pertolongan Allah yang berupa sabar dan shalat.

Jadikanlah sabar dan shalat sebagai penolongmu. Dan sesungguhnya yang demikian itu sungguh berat, kecuali bagi orang-orang yang khusyu'..

Apa jadinya sabar dan shalat kita tanpa kehadiran khusyu’ dalam hati kita. Berdoa kepada Allah tanpa hati yang dipenuhi kekhusyu’an tentu suatu hal yang paradox. Kita meminta kepada Allah tapi hati kita fokusnya kepada perkara lain.

Apa yang bakal kita lakukan ketika ada orang yang meminta pinjaman uang kepada kita tapi bahkan saat berbicara untuk meminta itu tadi, dia tidak menghadapkan diri dan wajahnya kepada kita, tapi malah memalingkan muka kepada perkara lain..? Tentu berat bagi kita untuk memberikan pinjaman.
Itu kalau kita..

Maka, semoga kita termasuk orang-orang yang diberi hati yang khusyu’ dan semoga Allah tetap mengabulkan doa dan permintaan kita meski kita masih sangat jauh dari sempurna dalam hal kekhusyu’an hati. Mari tetap berusaha mengkhusyu’kan hati kita tidak dalam doa dan shalat saja tapi juga dalam setiap aktivitas kita..  

No comments:

Post a Comment