Tuesday, February 19, 2013

Jagalah norma pergaulan!

"Jagalah tata norma pergaulan laki-perempuan tetap tegak dan diikuti. Karena kerusakan moral berawal dari sana." kata Prof. HAMKA.

Perkataan HAMKA tersebut kami kutip dari buku beliau berjudul Ghirah yang dicetak sekitar tahun 1982. Meskipun buku cetakan lama, tapi ternyata masalah yang diangkat, solusi yang disarankan, dan nasehat yang dibimbingkan oleh beliau masih sangat relevan untuk diterapkan dalam kehidupan sekarang ini yang katanya makin maju dan modern saja. Semoga makin majunya ilmu, makin modernnya teknologi, tidak diikuti dengan makin maju modernnya maksiat yang ada..

Pergaulan laki-perempuan menjadi pembahasan yang sangat penting dalam buku Ghirah tersebut. Kalau kita objektif, pasti kita bakal mengakui, bahwa masa depan bangsa ini ditentukan oleh kualitas moral penduduknya. Dan kualitas moral penduduk bisa diukur dan dilihat dari seberapa terjagakah norma pergaulan laki-perempuan diikuti.

Pergaulan laki-perempuan mungkin bisa menjadi sebuah simbol/perwakilan dari dorongan nafsu dan pengendalian diri pada manusia. Apabila manusia lebih mementing hawa nafsu dan tidak berusaha mengendalikannya, tentu saja hal yang paling mudah adalah penyaluran lewat hasrat seksual. Kalau hasrat seksual saja tidak bisa ditahan, sangat mungkin godaan-godaan nafsu yang lainnya akan mudah menghancurkan.

Apabila dorongan nafsu seksual yang muncul dalam pergaulan laki-perempuan bisa dikendalikan sesuai norma yang ada, tentunya dorongan nafsu lain semisal harta, tahta, pangkat, jabatan, yang notabene lebih ringan godaannya dan lebih kecil kenikmatannya dari nafsu seksual akan dapat diatasi dengan lebih mudah.

Maka, mari kita jaga diri kita dalam hal pergaulan laki-perempuan dan semoga Tuhan memudahkan kita melewati godaan-godaan nafsu yang lainnya.



No comments:

Post a Comment