Wednesday, September 5, 2012

Buku-Buku Sejarah Sirah Nabi Muhammad

Kalau aku ingat sesuatu hal, yang terbaik yang harus aku lakukan adalah segera menulisnya. Karena aku ini sangat pelupa! bahkan flasdisk yang kupegang dijempol kiri saja, kucari2 di seluruh kantor kerjaku...

Baru kemarin aku beli 2 buku baru.
The Choice karya Ahmed Deedat, dan
Bidayah wa Nihayah karya Ibnu Katsir yang tahdzib tentang Khulafa Rasyidin..

Tentang sejarah Islam ada beberapa buku yang saya ingat.

1. Sirah Nabawiyah karya Shafiyurrahman itu bagus.. penyampaian tengah2..
2. Sejarah Nabi karya Khalid Muhammad Khalid itu bagus penceritaannya, bukan seperti teksbuk, tapi seperti prosa.
3. Hayat Muhammad karya Husein Haikal itu bagus dari sisi tulisannya yang mengambil sudut pandang orang liberal atau plural, bebas menyampaikan, tapi tetap otentik.
4. Sirah Nabawiyah karya Ibnu Hisyam itu bagus, lengkap, sering jadi rujukan hampir semua buku tentang Nabi Muhammad. Dari berbagai Sirah, yang saya tau baru Ibnu Hisyam yang menyertakan teks lengkap piagam madinah.
5. Harusnya bidayah wa nihayah juga masuk, tapi aku belum pernah lihat bukunya.
6. Trus yang bagus lagi adalah buku Kelengkapan Tarikh Nabi Muhammad 6 jilid karya KH Munawar Khalil

itu dulu saja menurutku sudah cukup bagus untuk bekal memahami sejarah Nabi Muhammad.

oiya.. ada satu lagi.. Fiqh Sirah dari al Buyti. (sepertinya namanya adalah itu.)
 

No comments:

Post a Comment